Wednesday, February 8, 2012

Puncak Gunung Ijen Dipasangi CCTV

TEMPO.CO, Bondowoso - Gunung Ijen hingga saat ini masih dalam status Siaga (Level III). Akitivitas kegempaan gunung api tipe Strato itu juga masih fluktuatif. "Karena itu sejak lima hari lalu dipasangi kamera circuit closed television (CCTV) agar pemantauan lebih lengkap," kata Konik, salah seorang petugas di Pos Pantau Paltuding Bondowoso, Senin, 6 Januari 2012.

Menurut Konik, kamera CCTV dipasang di kawasan puncak Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut. Pemasangan CCTV dilakukan untuk mendukung alat pendeteksi deformasi gunung api atau Tilt Meter yang sudah dipasang sebelumnya. "Dengan CCTV bisa terlihat kondisi air kawah, apakah masih normal atau berubah, atau sudah meluap," ujar Komik.

Jika aktivitas kegempaan Gunung Ijen meningkat, kata Konik, ditandai dengan air kawah tampak berwarna putih. Ketika aktivitas kegempaan menurun, warna air kembali hijau.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Abdurahman, mengatakan sejak sebulan lalu hingga saat ini posko darurat masih terus disiagakan di tiga desa di Kecamatan Sempol, yang letaknya paling dekat dengan kawasan puncak Gunung Ijen. Ketiga desa itu adalah Desa Kaligedang, Kalianyar, dan Sumberejo. "Selain petugas serta relawan, masker, obat-obatan, dan tenda tetap disiapkan di sana," ucapnya.

Tim BPBD Bondowoso bersama tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III, Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR, serta TNI dan Polri terus melakukan koordinasi dan pemantauan situasi gunung. Selain menggelar simulasi evakuasi juga sosialisasi bahaya letusan dan penanganan korban jika bencana benar-benar terjadi.

Menurut Kepala BKSDA Jawa Timur III, Sunandar Trigunajasa, berdasarkan hasil koordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pihaknya tetap melarang aktivitas penambangan belerang, pendakian, dan wisata di Gunung Ijen.

BKSDA Jawa Timur III yang berkantor pusat di Jember menjadi pengelola Cagar Alam Kawah Ijen yang berada di Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. "Kami masih memberlakukan larangan itu,” tutur Sunandar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menetapkan status Gunung Ijen dari waspada menjadi siaga sejak pertengahan Desember 2011 karena peningkatan aktivitas vulkanik.

MAHBUB DJUNAIDY

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/02/06/058381990/Puncak-Gunung-Ijen-Dipasangi-CCTV

No comments:

Post a Comment